Filosofi Dua Nama

Nama anak dapat membentuk karakter

Diberi kesempatan kedua untuk menciptakan sebuah nama, bukan berarti menjadi lebih mudah. Mengapa? Karena yang saya bahas disini adalah memberi nama pada buah hati kita. Menciptakan nama rasanya menjadi harapan kepribadian pada anak kita. Semoga tulisan ini bisa menjadi inspirasi bagi pembaca untuk memberikan nama pada buah hatinya:-)

Dengan latar belakang anak pertama perempuan dan anak kedua juga perempuan, sehingga segala pemikiran berusaha adil bahkan untuk nama sekalipun. Sehingga nama anak kedua saya mengacu pada nama anak pertama saya. Anak pertama saya bernama “Intan Aura Dewi”. Berikut penjelasan lebih sistematis *kayak penulis skripsi ya.. hehe.. maksudnya supaya lebih enak dibaca :

1.Intan. Kata pertama dari nama adalah suatu permata yang berkilau dan bernilai tinggi. Jadi untuk anak kedua saya berikan nama permata yang juga sama berharganya yaitu “Mutiara”. Namun karena saat ini sering sekali nama mutiara jadi saya cari sensasi yang berbeda dengan bahasa Arab, yakni Safaniya.

2. Aura. Kata tengah disini adalah suatu yang memancar. Kata ini menjadi penekanan untuk arti dari kata sebelum dan sesudahnya. Doa yang terkandung didalamnya adalah seorang anak memiliki pancaran yang baik dan bersih, berkilau bagaikan Intan. 

3. Alesha. Merupakan bahasa arab,yang artinya anak yang beruntung, karena dengan pengalaman saya disaat hamil yang kedua, saya banyak mengkonsumsi sate, gule, minuman bersoda seperti Spr***, Fan**, Co**. Semua itu tanpa unsur kesengajaan. Karema kehamilanku yang kedua lebih dikira Mag, dan saran suami yang sudah belasan tahun punya Mag, bila tidak mempan dengan makan yang rutin jadi sebaiknya ditemani minum minuman penutup yang bersoda, tujuannya untuk mengeluarkan udara dilambung. Belum lagi badan seperti masuk angin, jadi suami dengan sigapnya menyediakan obat tolak angin satu dos. Setelah ternyata tau kondisi hamil, wuiiiih…. kami benar-benar terkejut seketika itu juga kami langsung merubah pola makan dan memperbanyak vitamin, dan lebih dari 2 dokter spesialis yang menangani pemeriksaan kehamilan ini. Karena kalau orangtua bilang semua makanan yang saya sebutkan tadi tidak dianjurkan dimakan disaat hamil. Doa disetiap waktu tak luput kami panjatkan pada Yang Kuasa, semoga anak didalam kandungan saya sehat tidak kekurangan suatu apapun. Nah, itulah dibalik doa semoga menjadi anak yang dilindungi Allah dan beruntung, tersimpan dalam kata “Alesha”.

4. Dewi. Kedua nama buah hatiku tersemat kata Dewi yang merupakan nama besar dari bundanya, alias saya sendiri *hidung kembang kempis karena bangga. Dewi adalah sesosok wanita yang begitu Anggun dan sedap dipandang. Memiliki sisi feminim dan perilaku yang elegan. Cantik pesona dan jiwanya. 

Dari acuan nama anak pertama saya, maka muncullah nama “Alesha Safaniya Dewi”. Karena yang diinginkan bagi kami adalah berbuat adil dan anak mampu merasakan adilnya sikap dan perhatian dari kedua orangtuanya. Begitulah kami menyayangi kalian berdua, bahkan sebelum kami melihat fisik kalian sebelum lahir dimuka bumi ini. Elusan lembut dari perut bunda dan sapaan hangat suara Ayah ingin mengantar kalian menjadi anak-anak yang berbhakti, sholeh dan berguna bagi keluarga dan orang orang disekitar. 

Bagi pembaca yang sudah punya anak, mari bercerita bagaimana rasanya menciptakan sebuah nama?

Bagi yang belum punya anak, mungki punya kesempatan lain menciptakan sebuah nama (bisa nama hewan peliharaan, boneka atau nama mainan di game android kita). Yuk ikut bercerita disini. masukkan artikelmu dengan kirim komentar dibawah, nanti saya bantu untuk publish ceritamu.

Salam hangat,

Dewi.

2 thoughts on “Filosofi Dua Nama

Leave a Reply

