Cara setting batasan umur di Youtube

Menciptakan Buku belajar Youtube

Advertisements

Pernah dengar Youtube?

Atau lebih tepatnya anak kita sudah bisa pegang HP sendiri dan mengenal yang namanya youtube, nah berarti kalian harus bisa nonton youtube juga loh. Tujuannya adalah supaya kita mengerti apa yang bisa kita ambil baiknya dari youtube. Buatlah anak kita bisa mengambil hal baiknya dari Youtube. Karena tidak dipungkiri anak-anak sekarang banyak yang diperbolehkan orangtuanya memegang hp sendiri dan yang ditonton adalah Youtube. Jadi kita perlu lebih pintar memilah, disaat anak kita juga terpengaruh menginginkan membuka hp sendiri terutama YouTube.

Perhatikan Setting “keterbatasan” yang ditonton. Ini menjadi poin utama, agar anak kita yang memegang hp tidak keliru masuk ke video yang mengandung batasan usia, seperti pornografi atau tontonan yang sadis. 

Berikut cara membuat Youtubemu menjadi media belajar buat si kecil:

1.Masuk ke pilihan Setting dipojok kanan atas, pilih menu “setelan” :

begitu tampilan seperti diatas klik “umum” lalu aktifkan “mode terbatas”

2. Yang ini Penting. Hapus semua riwayat tontonan. Hal ini berfungsi untuk mensterilkan, tontonan yang sudah pernah anda lihat yang mungkin berisi tayangan tidak baik untuk si kecil. Pada setting pilih menu Privasi, klik hapus.

3.Langkah selanjutnya pilih sebanyak-banyaknya tontonan yang positif dan klik “subscribe” / “langganan”. Dengan begini, disetiap si kecil membuka beranda maka yang muncul adalah tayangan-tayangan yang telah anda subsribe.

Klik juga icon lingkaran panah masuk, diatas tulisan “langganan” pada video yang ingin anda simpan ke dalam video offline.

4. Maka tampilan beranda anda akan menjadi link totonan yang sudah anda tentukan.

5. Jika si kecil anda tinggalkan berdua dengan HP, akan lebih baik jika anda matikan jaringan data seluler, dan berikan dia video “offline” yang sudah tadi anda simpan. Klik di menu paling kanan dibawah setting, icon orang. 

Buka Offline. Berikut tampilannya.

Begitulah cara memberikan ilmu ke anak saya melalui media youtube. Alhamdulillah anak saya disaat bertemu dengan teman yang memegang hp, dan ia menginginkan juga, saya sudah punya hp untuk dirinya. Saat ini ia berusia usia 2 tahun sudah bisa mengenal berbagai macam pembelajaran seperti bahasa inggris berhitung angka sampai 12, alphabet, colours, animal, english song for kids, benda sehari-hari dalam bahasa inggris, juga berhitung dalam bahasa indonesia, huruf hijaiyah, dan lain sebagainya.

Sebagai catatan, bila anak juga memiliki kemampuan menyerap informasi ini ya. Karena setiap anak pasti berbeda, bisa jadi anak anda tidak bisa duduk manis melihat tayangan youtube, anda juga harus kreatif mencari permainan yang bisa mengajarkan hal-hal positif. Misalnya bermain bersama seperti contoh berikut:

Banyak hal positif yang dapat kita ambil dari YouTube, seperti misalnya untuk meningkatkan keterampilan kita. Seperti contoh berikut membuat kreasi :

Berlanjut menjadi pesulap dadakan yuk, bagaimana cara membuat kartu ajaib:

https://youtu.be/T6kuVpxMvDs

Itulah sedikit contoh video youtube yang bisa menjadi mediamu untuk belajar. Semoga bermanfaat.

Salam Youtubers,
Dewi.

14 thoughts on “Cara setting batasan umur di Youtube

  1. Iyesss…

    Makasih bingiiiiittt bunda Dewi Adikara buat tipsnya yg sangat bermanfaat.

    Selama ini saya juga galau banget kalau harus meninggalkan si kecil berduaan aja sama gadget.

    Tips di atas insya Allah sangat membantu dalam mendampingi si kecil nonton youtube.. yang kalau kata saya sih.. tetep aja kaya dua sisi koin.

    Di satu sisi dia bermanfaay memberika pembelajaran yg menyenangkan buat anak… tapi, di sisi lain dia juga bisa jadi ‘serigala’ yang siap menerkam anak kita dengan konten video yang ‘enggak-enggak’.

    Tetep lah yaa…

    Namanya juga media, haruslah kita sebagai orang tua yg pinter-pinter memilih tontonan terbaik untuk biah hati kita.

    Thanks a lot.. 😘

    Like

    1. iya sdh saya praktekkan sendiri hampir 5bln dan alhamdulillah anak saya jadi belajar banyak hal yang positif.. tp hal lainnya yg perlu dijaga adl ketergantungan pada gadget.. nanti saya ulas di artikel lainnya utk tips mengurangi ketergantungan pada gadget:-)

      Like

  2. alhamdulillah..kita sdh berusaha menjaga ato melarang memegang gadget, tapi disisi lain sang buah hati berada dilingkungan perkembangan teknologi sangat cepat, Apalagi klo sikecil sdh pny tmn bermain yg user friendly dg gadget.. smg bs membantu mengatasi kebutuhan anak vs larangan memegang gadget terlalu lama dikarenakan kawatir membuka

    Like

  3. Dulu sblm pake indihome Quinn mmg suka buka YouTube dr hape, skrg sjk berlangganan indihome dia nontonnya d TV ya walaupun aq yg hrs ngalah g nonton TV tapi aq jd bs liat apa yg dia liat dr jauh, dan kdg2 msh ikut menemaninya jg sih. Pengaturan ke safe / child mode jg udah aq setting. Cm aq akhir2 ini msh struggling dgn wkt yg dia pake nonton YouTube,lbh dr 2 jam,aq pgn dia maen yg laen yg lbh bnyk gerakin bdnnya, kdg aq nyiapin kegiatan brg dia tp msh blom konsisten setiap hari. *Sad*

    Like

    1. ga papa ny anne.. klo ga bs konsisten tiap hari, buat schedulle aja dihari tertentu..yg musti dikerjain.. spt kyk kegiatan outdoor / ikut berkebun.. ato pakai mainan yang disediain dlm 1 kotak yg bs dia buka utk main sendiri..

      Liked by 1 person

  4. Bener- bener bermanfaat mba. Penting banget buat kita yang punya anak balita. Bisa membantu mengurangi hal negatif. Tp lebih baik lg kalo kita bisa menjauhkan gadget yaa mba. Makasih ilmunya 😊

    Like

  5. Terimakasih banget tipsnya. Baru tau bisa disetting YouTube nya, suka cemas kalo tablet dipegang sama ponakan dan mereka buka2 YouTube gitu. Sebelumnya dibajak temen (orang dewasa), trus jadi cemas kalo ponakan buka, kesasar ke konten nggak bener.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s