Kopi 7 Elemen dapat menjadi alternatif untuk menangani susah tidur dan lelah

Pernah mendengar Kopi 7 elemen?

Satu jam sebelum menulis ini saya tidak mengenalnya. Apalagi saya bukan penikmat kopi. Tapi begitu meminum kopi ini rasanya badan jadi hangat dan berkeringat. Pada akhirnya saya merasa rileks dan tubuh yang lelah menjadi lebih ringan.

Awalnya saya pergi ke bidan karena punya keluhan susah tidur dan badan terasa pegal semua. Dua hari terakhir badan saya meriang, nyeri, kepala cenat cenut, bahkan kehilangan tenaga. Maklum saya punya dua anak balita dan salah satunya masih tergantung ASI. Belum lagi menangani urusan domestik dan menjadi wirausahawan bersama suami. Jadi pekerjaan sehari-hari saya cukup menguras energi dan pikiran.

Pada akhirnya hasil dari berkonsultasi di bidan saya tidak diberi obat khusus untuk menangani masalah ini. Hanya membawa pulang kopi 7 elemen yang sama sekali belum pernah saya lihat bahkan meminumnya. Bagaimana saya bisa percaya dengan keluhan yang saya alami ternyata berakhir dengan solusi KOPI?

Apalagi bukan rahasia lagi bahwa kopi sering sebagai minuman untuk menghilangkan rasa ngantuk. Ternyata kopi 7 elemen berbeda, dia memiliki cafein yang lebih rendah dari kopi pada umumnya, ibu hamil dan menyusui pun diperbolehkan. Bahkan bisa menjadi solusi mengkonsumsi kopi ini bila capek-capek. Kopi 7 elemen merupakan kopi Herbal, begitulah penjelasan bidan Dania dan bidan Menik yang saya temui di Bidan Delima dekat rumah saya.

Saya belilah satu paking isi 20pc, karena bisa sebagai oleh-oleh juga untuk pak suami yang kebetulan sedang mengalami kondisi lelah seperti yang saya alami. Usut punya usut suami mendengar cerita saya dan agak skeptis terhadap penjelasan saya, ia mengatakan bahwa kopi bukannya memang dari herbal ya? Maklum pak suami rasa ingin tahunya sangat tinggi, dicarilah informasi yang lebih mendalam.

Sambil membuatkan 2 cangkir kopi untuk saya dan dirinya, pak suami mengomentari hasil pencariannya “Wih bagus ini dek.. Banyak kandungannya.. ada berbagai ekstrak dari Kulit manggis, jinten hitam, mengkudu, jahe, dsb”

Berikut lebih detail kandungan yang ada di Kopi 7 elemen diambil dari sumber tertera dibawah teks.

Sesuai namanya, Kopi Sevel terdiri dari tujuh herba alami yang berupa akar-akaran, biji, daun, kulit dan bunga sebagai berikut :

Gula Palm / Palm Sugar

Gula Palm sebagai sumber energi instan. Banyak mengandung unsur yang dibutuhkan tubuh, seperti mineral dan Riboflavin yang berfungsi memperlancar metabolisme tubuh dan mampu membenahi sel sehingga membuat tubuh kita tetap fit. Proses larut Gula Palm di dalam tubuh berlangsung lama dan perlahan-lahan sehingga bisa memberikan energi dalam kurun waktu yang lama.

Gula Palm atau lebih dikenal dengan Palm Sugar merupakan gula yang dibuat menggunakan bahan-bahan dari sari palm / keluarga palma seperti aren, kelapa, siwalan.

Sari palm merupakan air yang manis yang disebut nira, yang diambil langsung dari pohon palma, sari / nira aren diambil dari pohon aren merupakan nira pohon kelapa. Proses pengambilan nira ini sangat tradisional, petani gula atau disebut penderes memanjat.

Palm sugar merupakan gula kesehatan karena memilik Glycemic Index (GI) rendah yaitu 35, jauh di bawah gula putih (85-93), gula Aren (70) dan madu (55). Secara sederhana, GI dapat dikatakan sebagai tingkatan atau rangking pangan menurut efeknya terhadap kadar glukosa darah. Semakin rendah GI pangan, semakin lamban peningkatan glukosa dalam darah yang dihasilkan. Hal itu berarti gula darah menjadi stabil.

Mengkudu

Sebagai herba untuk relaksasi dan menghilangkan ketegangan. Buah mengkudu dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik dan membuat seseorang menjadi lebih rileks. Rileks disebabkan karena dalam buah mengkudu membuat relaks otot-otot kejang dan menghilangkan rasa sakit dan rasa tidak nyaman.

Buah mengkudu sering digunakan masyarakat sebagai obat antihipertensi, namun belum diketahui dimana tempat kerjanya. Penelitian ini bertujuan membuktikan efek buah mengkudu terhadap otot polos pembuluh darah.

Digunakan model percobaan aorta terpisah marmut yang endotelnya telah dihilangkan.  Variabel yang diukur adalah besar perubahan kontraksi otot polos aorta tanpa endotel yang distimulasi fenilefrin [10-5M] terlebih dulu kemudian ditambahkan ekstrak buah mengkudu dosis 0,2%, 0,6%, dan 1,0%. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah mengkudu dosis 0,2% menyebabkan peningkatan kontraksi,sedangkan dosis 0,6% dan 1,0% menyebabkan relaksasi. Efek relaksasiini terbukti bermakna (p < 0,05) dan terdapat hubungan yang kuat dan bermakana antara dosis dan efek relaksasi (R = 0,894; p < 0,05).

Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa ekstrak buah mengkudu dapat menyebabkan relaksasi otot polos aorta terpisah marmut tanpa endotel pada dosis > 0,2%,sedang pada dosis 0,2% terjadi peningkatan kontraksi.

Disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui dosis efektif mengkudu sebagai terapi antihipertensi. 

Ref Penelitian Mengkudu

Manggis

Kulit buah manggis terkenal sejak dulu sebagai salah satu herbal antioksidan. Hasil penelitian ilmiah menyebutkan bahwa kulit buah Manggis sangat kaya akan anti-oksidan, terutama xanthone, tanin, asam fenolat maupun antosianin. Kulit buah Manggis memiliki sifat antiproliferasi untuk bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, selain juga mampu menghancurkan sel kanker.

Kehebatan kulit manggis tidak luput dari perhatian peneliti di Indonesia. Menurut Dr Agung Endro Nugroho MSi Apt, kulit manggis mengandung 50 senyawa xanthone. Xanthone ialah bioflavonoid yang bersifat antioksidan, antibakteri, antialergi, antitumor, antihistamin, dan antiinflamasi.

Molekul biologi aktif ini memiliki struktur cincin 6 karbon dan kerangka karbon rangkap, sehingga sangat stabil. Di alam ada 200 jenis xanthone, sejumlah 50 di antaranya ditemukan di kulit manggis.

Yang paling banyak memiliki efek farmakologis adalah alfamangostin, betamangostin, dan garcinon-E. Pemeran utama penumpas sel kanker ialah alfamangostin dan garcinon-E.

Keduanya menghambat proliferasi sel kanker dengan mengaktivasi enzim kaspase 3 dan 9, yang memicu apoptosis atau program bunuh diri sel kanker. Alfamangostin juga mengaktifkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang sel pembunuh alami yang bertugas membunuh sel kanker dan virus.

Berbagai hasil penelitian menunjukan kulit buah manggis kaya akan antioksidan, terutama antosianin, xanthone, tanin, dan asam fenolat. Radikal bebas (atom atau kelompok atom yang dalam keadaan bebas alias tidak terikat dengan gugus lain) dapat menangkap molekul hydrogen, asam lemak, logam berat yang pada akhirnya memicu beragamnya penyakit degeneratif.

Xanthone

Antioksidan yang terdapat dalam kulit buah Manggis dengan kadar yang tinggi ini memiliki sifat yang baik dan bermanfaat bagi tubuh, seperti anti-peradangan, anti-diabetes, anti-kanker, anti-bakteri, anti-jamur, anti-plasmodial, dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh, hepatoprotektif.

Di dalam senyawa xanthone teridentifikasi sekitar 14 jenis senyawa turunannya. Yang paling banyak terkandung dalam buah Manggis ialah kandungan alfa-mangostin dan gamma-mangostin. Apa itu alfa-mangostin?

Alfa-mangostin adalah senyawa yang sangat berkhasiat dalam menekan pembentukan senyawa karsinogen pada kolon. Selain alfa-mangostin, senyawa xanthone juga mengandung gamma-mangostin yang juga memiliki banyak manfaat dalam memberikan proteksi atau melakukan upaya pencegahan terhadap serangan penyakit.

Menurut penelitian yang telah dilakukan sejak tahun 1970-an, kedua turunan senyawa xanthone tersebut bisa menghentikan proses peradangan atau inflamasi dengan jalan menghambat enzim COX-2 yang merupakan enzim pemicu peradangan.

Dalam penelitian lainnya juga ditemukan fakta bahwa gamma-mangostin memiliki sifat anti-radang yang jauh lebih baik dibandingkan dengan obat-obat inflamasi yang selama ini beredar di pasaran.

Dengan demikian, gamma-mangostin mampu memberikan proteksi pada serangan penyakit yang menyebabkan inflamasi seperti alzheimer dan arthritis.

Antosianin

Antosianin juga memiliki kemampuan sebagai anti-oksidan yang baik dan memiliki peranan yang cukup penting dalam mencegah beberapa penyakit seperti kanker, diabetes, kardiovaskuler, dan neuronal.

Antosianin merupakan kelompok pigmen yang terdapat dalam tanaman dan biasanya banyak ditemukan dalam bunga, sayuran maupun buah-buahan seperti Manggis, Stroberry, Rasberry, Apel, dan lainnya.

Tanin

Tanin, senyawa lain yang terkandung dalam kulit buah Manggis, memiliki aktifitas antioksidan yang mampu menghambat enzim seperti DNA topoisomerase, anti-diare, hemostatik, anti-hemoroid, dan juga menghambat pertumbuhan tumor.

Tanin sendiri mampu membentuk kompleks kuat dengan protein sehingga dapat menghambat penyerapan protein dalam pencernaan. Dengan kata lain bisa disebut anti-nutrisi.

Oleh sebab itu, kadar tanin dalam produk-produk pangan patut diperhatikan dan diformulasikan secara cermat supaya kadarnya aman untuk pencernaan manusia.

Anti-Kanker

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kandungan xanthone dalam kulit buah Manggis mampu berperan sebagai senyawa anti-kanker. Kulit buah Manggis memiliki sifat antiproliferasi untuk bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, selain juga mampu menghancurkan sel kanker.

Anti-Inflamasi (Peradangan)

Kulit buah Manggis memiliki kemampuan sebagai anti-inflamasi (anti-peradangan). Untuk membuktikan hal itu, penelitian yang dilakukan adalah dengan memakai mangostin dari ekstrak etanol 40% yang memiliki aktifitas penghambatan terhadap pelepasan nistamin dan sintesis prostagladin E2 sebagai perantara inflamasi. Kandungan ekstrak etanol dalam kulit buah Manggis mampu meredam radikal bebas secara kuat.

Anti-Mikroba

Kulit buah Manggis juga dikenal memiliki daya anti-mikroba terhadap beberapa bakteri seperti Staphylococcus aureus. Bakteri ini sangat resisten terhadap anti-biotik metisilin.

Ref Kulit Manggis by wikipedia

Daun Sendok

Herba ini dikenal sebagai pembersih system urin antara lain mengatasi sejumlah gangguan pada saluran kencing, termasuk peradangan yang terjadi, seperti akibat batu ginjal, pembengkakan dan radang prostat, serta infeksi saluran kencing.

Herba tanaman daun sendok rasanya manis, sifatnya dingin, astrigen. Berkhasiat sebagai antiradang, peluruh kencing (diuretic), antiseptic, pereda demam (antipiretik), peluruh dahak (ekspektoran), obat batuk (antitusif), penghenti peradangan (hemostatis), pelembut kulit, menerangkan penglihatan dengan menormalkan aktivitas organ hati yang berlebihan, dan menghilangkan aus.

Perlu diketahui bahawa Herba daun sendok mengandung zat aktif berupa iridoid glycosides (seperti plantagin, aukubin), flavonoid (apigenin), asam ursolik, beta sitosterol, n-hentriakontan, dan plantagluside yang terdiri dari metil D-galakturonat, D-galaktosa, L-arabinosam dan Lrhamnosa.

Selain itu, mengandung tannin, kalium, dan vitamin (B1, C, A). Kalium bersifat peluruh kencing (diuretic) yang akan membuang kelebihan asam urat tinggi dan melarutkan endapan garam kalsium yang terdapat di dalam ginjal dan kandung kencing.

Zat aktif aukubin selain meningkatkan pengeluaran (sekresi) asam urat melalui ginjal, juga berkhasiat hepatoprotektor dan antiseptik. Apigenin berkhasiat antiradang yang dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit pada reumatik gout akut.

Herba daun sendok berkhasiat mengatasi batu empedu, batu saluran kencing, bengkak karena penyakit ginjal, dan kencing sedikit karena panas dalam.

Selain itu, bermanfaat untuk mengatasi gangguan pada saluran kencing (seperti infeksi saluran kencing, kencing berlemak, kencing bernanah), hepatitis akut disertai kuning (hepatitis ikterik akut), peradangan (seperti radang prostat (prostatitis), radang saluran napas (bronkitis) dan radang mata merah.

Ada khasiat lain dari herba daun sendok yaitu untuk influenza, demam, batuk rejan (pertusis), diare, disentri, nyeri lambung, menerangkan penglihatan yang kabur, kencing manis (DM), pendarahan (seperti mimisan, batuk darah), cacingan dan gigitan serangga.

Herba Jahe

Dikenal sebagai ramuan herbal untuk menyembuhkan beberapa penyakit, seperti asma, keropos tulang, rematik dan juga termasuk masuk angin. Jahe mengandung minyak atsiri yang terdiri dari zingiberen, kamfena, gingeral, zingeberin, lemonin, shogool, zingiberal.

Sifat jahe yang hangat dapat membantu meningkatkan suhu tubuh. Sejenis minuman yang sering dinikmati yaitu wedang jahe ini, memang sudah menjadi konsumsi wajib bagi penduduk daerah pegunungan. Selain itu jahe, juga memiliki anti virus dan anti toksin dengan membantu mempromosikan keringat yang dapat membantu mengobati batuk dan masuk angin.

Ekstrak jahe ternyata dapat menekan pertumbuhan beberapa sel kanker, seperti mencegah penyebaran gejala kanker kulit,pankreas,kanker ginjal dan gejala kanker patu-paru.

Masalah pernafasan yang paling umum diderita adalah batuk atau pilek. Jahe termasuk jenis ekspektoran alami yang berfungsi dalam melegakan sistem pernafasan, dengan yang memecah dan menghilangkan lendir (dahak) dapat dengan mudah keluar dan memulihkan sistem pernafasan seperti sedia kala.

Jahe juga di indikasikan membantu penyerapan makanan dan mencegah kemungkinan sakit perut, karena sifatnya yang mengurangi peradangan.

Senyawa di dalam jahe merupakan anti inflamasi, dapat digunakan untuk meredakan nyeri secara alami akibat benturan tersebut. Manfaat jahe dengan kandungan anti inflamasi juga dapat mengurangi nyeri pada gejala penyakit rematik.

Herba Habbatussauda

Jintan hitam atau Habbatussauda (Nigella sativa Linn.) adalah rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai tanaman obat. Rempah ini berbentuk butiran biji berwarna hitam yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Jenis tanaman ini telah disebut-sebut sebagai tanaman obat dalam perkembangan awal agama Islam.

Habbatusauda dikenal akan kandungannya seperti terdapat kandungan senyawa alami yang terdiri dari nigelon, zat pahit, glukosida, saponin, minyak lemak dan masih banyak lagi.

Habatussauda mengandung aneka vitamin, mineral, protein nabati, juga asam lemak tak jenuh. Habbatussauda juga mengandung asam lemak esensial yang penting bagi kesehatan kulit, rambut, selaput lendir, pengendalian tekanan darah, produksi hormon dalam tubuh, dll.

Selain kandungan bahan-bahan alami tersebut, habatussausa juga mengandung nigellon, yang termasuk dalam kategori zat anti-oksidan alami, seperti vitamin C dan A. Habatussauda juga mengandung glutathion yang memeilki peran fundamental dalam melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas.

Sejumlah hasil penelitian yang dipublikasikan baru-baru ini menyatakan bahwa fungsi protektif Nigellon mampu melindungi tubuh dari berbagai bahaya zat-zat asing.

Unsur-unsur kimiawi dalam 100 gr Habbatus Sauda mengandung zat-zat sebagai berikut:

  1. 13,19 gr air 6. 6, 2 mg niasin
  2. 9,17 gr protein 7. 3,6 gr fiber
  3. 9, 12 gr lemak 8. 8,7 gr abu
  4. 80,10 mg kalsium 9. 463 kalori
  5. 20 mg vitamin A

Manfaat / Khasiat Kopi Tujuh Elemen

Manfaat dan khasiat Kopi 7 Elemen sangat banyak antara lain sbb :

  1. Menjaga stamina agar tetap vit sepanjang hari
  2. Mengembalikan tenaga atau stamina lelaki
  3. Sumber energi instan
  4. Memperlancar metabolisme tubuh
  5. Menyeimbangkan sel-sel dalam tubuh
  6. Minuman relaksasi dan anti stress / depresi
  7. Menghilangkan rasa sakit dan rasa tidak nyaman
  8. Anti kanker dan anti tumor
  9. Menghancurkan sel-sel kanker
  10. Mengobati asma
  11. Keropos tulang
  12. Rematik
  13. Masuk angin (membuang angin)
  14. Bersifat anti-inflamasi yang berguna untuk mengatasi peradangan atau pembengkakan pada organ tubuh.
  15. Melancarkan saluran kemih.
  16. Mencegah infeksi pada saluran kemih dan juga gejala lain seperti kencing darah, nanah dan lain-lainnya.
  17. Obat batu ginjal. Mencegah batu ginjal (kencing batu) dan menghancurkan batu empedu.
  18. Menyembuhkan influenza seperti pilek atau flu.
  19. Bersifat sebagai antipiretik yang ampuh untuk menurunkan demam / panas.
  20. Mengatasi nyeri pada lambung.
  21. Menghentikan diare akut (terus menerus).
  22. Mengobati disentri (Feses berlendir dan berdarah).
  23. Pembengkakan dan radang prostat.
  24. Mencegah radang mata dan mengembalikan kejernihan pandangan.
  25. Mengontrol kadar gula darah yang juga baik untuk pencegahan diabetes mellitus.
  26. Mencegah dan mengatasi penyakit kuning (hepatitis).
  27. Menghentikan pedarahan dan mempercepat pembekuan darah utamanya pada saat mimisan.
  28. Mengeluarkan cacing dalam tubuh. Baik untuk mengatasi cacingan pada anak.
  29. Melancarkan sistem pencernaan utamanya bagi kalangan anak yang masih dalam masa pertumbuhan.
  30. Bersifat sebagai analgetik yang berguna untuk meringankan nyeri pada otot, sendi dan pegal linu.
  31. Menyembuhkan gejala keputihan bagi kaum hawa.
  32. Mengurangi nyeri pada saat haid atau menstruasi.
  33. Mencegah radang usus dan radang ginjal.
  34. Melancarkan peredaran darah dalam tubuh.
  35. Mencegah tekanan darah tinggi (hipertensi).
  36. Obat batuk herbal dan juga bersifat sebagai peluruh dahak.
  37. Mengatasi penyakit kulit seperti gatal, kudis, dan kurap.
  38. Mengobati amebeien atau yang sering disebut juga wasir.
  39. Mempercepat penuaan atau pematangan bisul.
  40. Antioksidan yang ampuh untuk menangkal radikal bebas dan mengembalikan daya tahan tubuh.
  41. Mengembalikan kinerja organ hati yang berlebihan.

Komposisi Kopi Tujuh Elemen

Komposisi utama Kopi Sevel adalah sbb :

  1. Gula Palm
  2. Mengkudu
  3. Kulit Manggis
  4. Daun Sendok
  5. Jahe
  6. Habbatussauda

Aturan Pakai Kopi Tujuh Elemen

  1. Cukup gunakan air panas dari termos atau dispenser.
  2. Tuangkan 1 sachet kopi sevel kedalam secangkir atau secawan air panas .
  3. Aduk dan minum selagi hangat.
  4. Minum pagi dan sore atau bisa malam hari
  5. Bila ingin meningkatkan hormon lelaki, bisa di tambah dengan Truson
  6. Bisa dicampur dengan herba lainnya (rasa sevel bisa berubah)


Demikianlah review saya tentang kopi 7 elemen, mata saya akhirnya sudah mengantuk.. Semoga bermanfaat, jangan sampai salah beli produk ya.😁

Selamat menikmati.

Salam hangat,

Dewi Adikara.


Sumber komposisi, fungsi, aturan pakai dari kopi 7 elemen : http://www.hpa-network.com/produk/kopi-tujuh-elemen

Advertisements

2 thoughts on “Kopi 7 Elemen dapat menjadi alternatif untuk menangani susah tidur dan lelah

  1. Kurangtau saya mbak, sepertinya tergantung bidannya mbak bekerjasama dengan obat herbal mana. Cuma yang saya cari tahu tentang kopi 7 elemen ini bisa beli online di website produknya atau di toko online lainnya sudah tersedia.
    Terimakasih mbak Tata sudah main kesini😊

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s