Peran Ayah terhadap perkembangan Anak dilihat dari sisi Psikologi

Anak-anak tumbuh pertama dan utama di lingkungan keluarga. Oleh karena itu, keluarga adalah sekolah pertama yang dialami oleh seorang anak. Dan Ibu merupakan orang pertama yang memegang peran utama dalam mengasuh buah hatinya. Namun, sebenarnya seorang anak memiliki kebutuhan penting lainnya yang bisa didapatkan dari peran Ayah dalam perkembangan anak.

Mengapa Ayah memiliki peran penting dalam perkembangan anak?

Karena seorang Ayah dalam kehidupan anak dalam lingkungan rumah tangga memiliki peran penyelesai masalah, teman bermain, pembimbing atau pemandu, penyedia, dan peran mempersiapkan masa depan, untuk lebih detailnya artikel terkait 5 peran ayah dalam hidup balita.

Baca juga :

Peran Ayah dalam mengasuh anak

Menurut Psikolog Pendidikan, Orissa Anggita Rinjani, M.Psi, Psi, Seorang Ayah yang terlibat dalam pengasuhan anak akan memiliki dampak positif terutama bagi Perkembangan Pendidikan dan Emosi anak. Simak liputan berikut:

Sumber: AYAHBUNDA Magz (youtube)

Dari segi Pendidikan, Seorang Ayah yang terlibat mengasuh, bermain dan aktivitas stimulasi anak, maka anak akan cenderung memiliki kemampuan hal-hal berikut ini :

1. Memiliki IQ yang lebih tinggi

2. Kemampuan bahasa dan intelektual yang baik

3. Tingkat kesiapan sekolah yang lebih matang

4. Memiliki masalah perilaku yang lebih sedikit

5. Prestasi akademik yang lebih baik

Sedangkan dari segi Emosi, seorang Ayah yang terlibat dalam aktivitas bermain dan ikut mengasuh anak, akan memiliki kemampuan sebagai berikut :

1. Kemampuan Emosi anak lebih secure, lebih berani untuk mencoba hal-hal yang baru

2. Seorang Ayah lebih cenderung menumbuhkan Achievment, sedangkan ibu lebih cenderung menumbuhkan Nuturing

3. Mengajarkan anak untuk self kontrol emosi

4. Self esteem lebih tinggi

5. Penerimaan diri lebih baik

6. Memiliki hubungan sosial yang lebih baik

Apa saja sih yang dapat Ayah lakukan untuk memberikan kontribusi pada perkembangan anak?

Tidak perlu berpikir susah untuk membayangkan bagaimana atau apa yang harus dilakukan seorang Ayah pada anaknya. Pada dasarnya perhatian seorang Ayah, pelukan, bermain bersama adalah hal-hal yang cukup banyak membantu perkembangan psikologis anak. Seorang Ayah yang ikut andil dalam mengasuh anaknya akan lebih memiliki kedekatan emosional dengan anak. Begitu pula sebaliknya, anak juga merasakan hal yang sama. Sehingga aktivitas ini sangat baik untuk menumbuhkan kedekatan, kepercayaan diri dan kemandirian pada anak.

Berikut terdapat cuplikan menarik ketika sang Ayah dihadapkan pada situasi yang berdekatan dengan anak.


Sumber : JP Motivasi (youtube)

Jadi para Ayah tidak usah segan untuk memeluk anak, ikut andil mengasuh anak, bermain dan tertawa bersama anak tercinta. Dikala tua nanti kita akan merasakan pribadi anak-anak yang telah kita didik dimasa kecilnya. Dan ingat waktu tidak akan pernah terulang😉

Salam hangat,

Dewi Adikara.
Tulisan ini bertemakan Parenting, merupakan arisan blog dari teman blog saya mbak Tata. 😘

6 thoughts on “Peran Ayah terhadap perkembangan Anak dilihat dari sisi Psikologi

Leave a comment