Kuliner: Resep Rujak Cingur Madura dari kota Bangkalan

Penggemar Rujak Cingur mana suaranya???

๐Ÿ™‹๐Ÿ‘‹saya, kami, anda, kita๐Ÿ‘‹๐Ÿ™Œ

Rujak Cingur.. entah asalnya dari mana? Yang pasti dari kecil saya suka rujak ini, dan saya sering temui rujak ini dikota Bangkalan, kepulauan Madura.

Dan penampakan rujak cingur Madura sudah tidak asing lagi Dimata saya. Nah bagi yang belum pernah lihat sayang sekali ya, liat aja belum apalagi mencicipinya. Kebangetan deh.. Heheheh.. *maap bercanda.

Jangan kawatir, jangan menangis.

Saya bagikan resep khusus bagi penggemar rujak Madura. Teruntuk teman-teman yang tinggal di negara tetangga, atau di kota lain yang mungkin ga sempat ke pulau Madura langsung. Sekarang jaman makin canggih, teknologi makin maju, jadi bisa order rujak Maduraย  lewat toko online.. *eH!! salah.. ga ada dink, masak rujak Madura bisa dikemas dalam kaleng dengan tertera tanggal expired ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ (but who knows in 50years later)

Maksud saya dijamin yang teknologinya udah maju begini, keperluan untuk membeli bahan seperti petis Madura bisa melalui toko online. Apa sih petis Madura itu? Petis Madura sebenernya banyak, ada petis cakalan, petis lorjuk, petis udang, dan sebagainya. Namun, biasanya yang menjadi ciri khas dengan trade Mark petis merah ini adalah Petis Ikan, iya dari namanya saja sudah jelas Petis yang terbuat dari ikan. Itupun berbagai macam jenis, ada yang murni terbuat dari ikan, ada pula yang hanya endapan sari-sarinya. Silahkan bebas dipilih sesuai selera๐Ÿ˜Š

Dari hasil observasi saya disalah satu depot penjual Rujak Madura, beginilah resepnya:

Bahan bumbu:

Kacang goreng, bawang putih goreng, garam, penyedap, pisang klutuk, tomat, dan cabe, diulek kasar. Tambahkan petis ikan. Aduk sampai rata.

Bahan isi:

Tahu, tempe yang sudah digoreng

Sayuran yang sudah rebus, terdiri dari cambah, bayam, kacang pendek panjang (kacang panjang, walau sudah dipotong tetap aja namanya kacang panjang)๐Ÿ˜‚

Bahan mentah, timun lalapan, nanas yang agak muda, bengkoang.

Lalu cingur yang sudah direbus, lalu dipotong-potong.

Kalau masih belum puas hasil buatan sendiri, silahkan bisa langsung meluncur ke depot yang berlokasi di daerah Gedung wanita kota bangkalan.

Depot ini merupakan depot yang sudah ada dari nenek moyang, namun baru beberapa bulan ini lokasinya pindah satu blok. Bentuk depotnya sekarang lebih meluas kedalam terkesan lebih modern, mungkin ingin lebih memanjakan pelanggan dari panasnya terik matahari langsung.
Tapi kalau masih belum hafal lokasi ini, silahkan bisa meluncur mencari Rujak Cingur lainnya di area Bangkalan. TiPs rahasia dari saya, “cari yang penjualnya sudah usia ya, biasanya hasil ulekan dan rasanya lebih Mantab”๐Ÿ˜€๐Ÿ˜

Salam,

Dewi Adikara.

Advertisements

2 thoughts on “Kuliner: Resep Rujak Cingur Madura dari kota Bangkalan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s