Mitos atau Fakta: Konsisten Menulis bisa naikkan traffik?

“Met have fun ya”

Begitulah salam perpisahan chat terakhir saya dengan salah satu senior di dunia perbloggingan. Memang sudah setahun yang lalu saya punya blog, tapi ngerasain feel nya untuk menulis tuh baru kerasa sekarang.  Jadi beneran kerasa ‘have fun’ nya. Walaupun awalnya saya pakai yang gratisan, lebih tepatnya uji menguji untuk konsistensi saya untuk menulis di blog. Dan yang sekarang?

Masih gratisan sih, alibinya banyak.. masih ga ada waktu buat mindahin data lah, dana kepakek duluan buat kebutuhan rumah tangga lah😂 sebenarnya alasan yang utama adalah lebih ke beban moral sih.

Maksudnya saya tipikal orang yang ga mau menyia-nyiakan apa yang sudah saya pilih. Jadi sebelum saya memutuskan pilihan saya harus tahu resiko dan apa yang harus saya perbuat agar something yang saya pilih itu bisa efektif, efisien dan produktif.

Sumber : pixabay.com

Jadi ibarat saya beli mobil, ya kudu dipakai, bukan dikurung aja pakai penutup. Begitulah saya memandang punya blog premium ato bisnis. Kalau sudah memutuskan untuk punya yang TLD, ya harus dimaksimalin fungsinya. *Ih kolot amat sih.. hahaha biarlah itu jadi cambukan saya menghargai something itu😆Memang alibi-alibi itu terbentuk karena saya yang masih belum punya waktu banyak untuk maksimalkan fungsi memiliki blog premium. Tau lah selalu ada yang perlu diprioritaskan, bawaan naluri ibu untuk ngasuh anak dan menstimulasi perkembangannya😀

Nah lagi fokus nulis, sang batita berebut mainan, jadi lebih prioritas menghentikan nulis lalu menjadi ibu memberikan petuah untuk saling berbagi, meredam emosi anak-anak, agar bisa belajar diberi contoh bermain, dan sebagainya banyak banget daaah, tiba-tiba sudah waktunya kasi asupan bergizi dan beri waktu mereka untuk merecash tenaga dengan bobok siang. Dan teman-teman tau? Bikin anak bobok siang itu juga butuh keahlian, tidak seperti menancapkan kabel cash pada laptop, dan tertulis “charger”😂 yang sudah pernah tiduri anak-anak, bikin anak tidur, keloni anak-anak untuk bobok siang pasti sudah paham *susah amat sih bahasanya 😅 pasti udah paham ya.

Maka berhentilah menulis saat itu😂 itulah prioritas saya saat ini.

Nah, maka dari situlah saya memutuskan untuk membuat blog gratisan saya tetep maksimal yaitu dengan konsisten menulis. Dari beberapa survey saya, di komunitas, dibacakan artikel, jika kita konsisten dalam menulis maka ada kaitan besar dengan menaikkan traffik.

Konsisten menulis konten blog berdampak positif terhadap trafik pengunjung. Alasannya cukup logis. Blog yang selalu update disukai pengunjung sehingga berpotensi untuk mendapat kunjungan. Paling tidak, pengunjung penasaran dengan informasi terbaru pada blog.

Selain itu, blog dengan konten selalu update juga disukai mesin pencari (search engine). Jika mesin pencari suka dengan konten yang diupdate secara konsisten, konten blog berpeluang untuk tampil di urutan pertama dan halaman pertama halaman pencarian.

Sumber info dua paragraf diatas dari web ini.


Sumber : pixabay.com

Menurut artikel lainnya disini bahwa dengan rutin menulis artikel setiap hari, maka akan baik secara SEO. Search engine khususnya Google sangat suka dengan blog yang selalu update. Setiap artikel yang di publish dapat berpotensi lebih cepat terindex oleh Google sehingga bisa tampil di SERP / halaman pertama pencarian Google.

 

Jadi sebenarnya Konsistensi Menulis bukanlah Mitos untuk menaikkan traffik. Lalu bila ada keinginan, tapi belum bisa mewujudkannya bagaimana ya? Simak saran menurut versi curhat anak sekarang:

  1. Ikutlah komunitas menulis/blogger. Dengan ikut komunitas kamu pasti bertemu dengan teman-teman yang  satu visi, satu tujuan, tentunya bertujuan untuk mengembangkan blog yang kamu miliki.
  2. Percantikkan blog dengan pilihan tema yang kamu sukai. Sehingga kamu merasa nyaman di blog yang kamu miliki. Dengan kamu nyaman, kamu semakin termotivasi untuk mengupdate isi blog.
  3. Ikutan challege. Mengikuti challege bisa melalui komunitas ditempat kamu bergabung atau diluar. Kamu bisa mengikuti challege ODOP (one day one post). Walaupun serasa tidak mungkin, tapi apa salahnya bila dicoba. Karena sebenarnya dengan ODOP kita sangat terbantu untuk menulis, karena tema artikelnya sudah ditentukan.
  4. Ikuti lomba yang ada dimana pun. Lebih membuka diri, untuk membuka informasi baru tentang produk baru atau layanan jasa baru bisa selangkah lebih maju untuk menarik minat para pembaca ke blog.
  5. Rajin membaca. Sekarang bukan hanya buku yang dibaca, tapi artikel artikel di google juga banyak yang kompeten untuk menambah wawasan kita. Semakin banyak blogger yang menulis dengan berdasarkan pengalaman pribadi bahkan dari pengalaman hasil riset. Dengan rajin membaca, bisa menambah pengetahuan kita.
  6. Update dengan informasi baru. Baik berita terkini atau selegram yang lagi hits, terkadang bisa mempertajam kepekaan kita untuk menulis sesuatu.

Nah itulah hal-hal yang dapat menjadi pertimbangan agar teman-teman lebih terpacu untuk meningkatkan motivasi untuk lebih konsisten menulis. Semoga bermanfaat.

Ada ide lainnya? Silakan bisa masuk di kolom komentar, atau ikutan challege disini.

 

Baca juga : Challege menulis menjadi tamu di blog curhatan anak sekarang sekarang

 

Salam,

 

Dewi Adikara

Advertisements

6 thoughts on “Mitos atau Fakta: Konsisten Menulis bisa naikkan traffik?

  1. menurutku juga demikian, bukan masalah mitos atau tidak, tapi dengan sering update, aplagi di platform worpress yang user friendly, maka traffick juga kan bermunculan dari rujukan reader wordpress..
    dan untuk mesin pencari, dengan banyaknya artikel, kemungkinan besar akan lebih dikenal searc engine juga, atau lebih dikenal dengan index

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s