Drama Korea Romantis “Lunch Box”

Saat jaman SMU sebenarnya saya masih suka menonton film-film drama korea atau jepang. Bahkan yang serinya sampai puluhan. Yang bikin seru adalah disaat kami sesaudara menonton bersama. Begitu selesai film pasti kami saling berdiskusi tentang isi cerita, bahkan berimajinasi kocak membayangkan jalan cerita yang berubah seperti kami sang sutradara.

Continue reading “Drama Korea Romantis “Lunch Box””

Menu lebaran Madura “Resep Pak ladeh”

Resep keluarga kami di hari lebaran bagi saya sangat spesial😘

Menunya adalah “Pak Ladeh..” berhubung saya dibesarkan dan tinggal di Surabaya, jadi disaat lebaran tidak pernah saya temui menu tersebut dikota ini. Jadi lebaran dirumah tuh rasamya sangat spesial dan berbeda banget, ditemani dengan masakan Mamaku yang asli dari Madura. Mmm.. Bayangkan saja rasanya sudah mau ngiler. Buatnya setahun sekali. Ga bayangin deh kalau menu ini bisa dibuat sebulan sekali, pasti naluri bisnis saya jadi pingin buka restoran khusus untuk pak ladeh. Tapi nanti jadi berkurang deh ciri khasnya dihari lebaran. 

Berhubung saya mengenal beberapa teman saya anak rantau yang jauh dari orang tua, dan rata-rata sudah banyak yang berumah tangga sendiri, jadi naluri berbagi saya yang jalan.

Mari saya berbagi resep😘

Resep ini merupakan perpaduan antara resep turun temurun dari Mama saya dan modifikasi saya yang suka praktis dalam memperinci menu masakan. Supaya teman-teman yang masak juga ga ngerasa ribet ya😀

Sebenarnya menurut saya Andalan dari makanan ini adalah begitu banyak perjuangannya dalam memproses semuanya. Lalu bener bener back to jaman dahulu deh rasanya. Ini yang menjadi Rahasianya. Aku info step by step ya..

Menu pak ladeh, terdiri dari Ketupat, sebagai karbohidrat, lalu menu utama sebagai lauk, dan pelengkap adalah sayur rebus dan kelapa urapan.

Rahasia pertama. Ketupat.

Cara membuat ketupat adalah dengan mencuci beras berkali-kali sampai benar-benar bersih. Lalu ditiriskan. Setelah setengah kering masukkan pada bungkus ketupat kurang lebih setengah isi. Lalu rapatkan janur2 ketupat supaya tidak bocor berasnya. Pembuatan ketupat ini dilakukan oleh Mama saat malam takbiraan. Luar biasa pengorbanan beliau. Demi ketupat yang sempurna dan fresh, beliau mengerjakan ini hingga dini hari jam 02.00. Tapi kembali lagi kalau kalian ingin praktis tinggal cari orang yang jual ketupat ya.. Tapi rasanya dijamin ga se “fresh” dengan cara ini.

Rahasia Kedua. Menu utama.

Isi dari pak Ladeh adalah Jeroan Sapi Madura, dan belinya selama ini harus di Madura. Kenapa? Karena daging sapi Madura terasa lebih gurih dan padat (based on my family taste). Lalu usus yang dijual dimadura masih mentah, ini adalah kunci utama dari masakan ini. Usus yang masih mentah itu diikat agar sari-sari makanannya tidak keluar saat dimasak. Kalau pasar sekitar saya tinggal disurabaya lebih sering saya temui usus yang sudah direbus setengah matang. Jadi sensasinya nanti saat dimasak bisa berbeda.

Lalu jeroan yang lainnya biasanya kami gunakan Babat dan Paru. Untuk isi menu utama ini, silahkan bisa disesuaikan selera masing-masing ya. Lalu dicuci sampai bersih. Dan direbus, sampai empuk (khusus babat paling lama prosesnya). Saya pakai presto bisa lebih cepat. Rebusan pertama dibuang ya. Kolestrol tinggi nih.

Rahasia ketiga. Bumbu dari bumbu ini adalah bumbu jangkep yang digongso bersama dengan sere dan daun jeruk. Untuk jumlah tidak saya tulis detail ya, karena disesuaikan dengan jumlah masaknya😘 Lalu bumbu tersebut ditambahkan koya kelapa yang sudah digongso secara terpisah. Cara membuat koya kelapa benar-benar penuh perjuangan. Kelapa yang sudah diparut, digongso tanpa minyak, diaduk terus supaya tidak gosong. Terus dibalik balik sampai baunya wangi😆 kemudian setelah kecoklatan matikan api. Tunggu sampai dingin. Lalu ditumbuk, biasanya kami menggunakan lumpang besi.

Pekerjaan menumbuk ini biasanya kami lakukan secara bergantian. Paling lama mendapat bagian adalah yang laki-laki. Hehehehe..

Setelah semua tercampur masukkan air dan bahan isian tadi. Masak sambil diaduk agar koya tidak menumpuk dibawah. Untuk menikmati makanan luar biasa, perjuangan luar biasa, benar-benar ibuku luar biasa.

Terakhir adalah pelengkap, yaitu :

1. Rebusan kacang panjang yang dipotong kurang lebih 5cm, dan diikat sejumlah 5batang.

2. Urapan kelapa (bumbu urap-urap tapi tidak menggunakan kencur) diaduk bersama kelapa parut lalu dibungkus daun pisang dan dikukus.

3. Biji jagung yang dihaluskan kering menjadi serbuk jagung, biasanya kami menggunakan blender khusus untuk serbuk.

4. Cabe rawit.

Semua rahasia sudah dikeluarkan. Setelah semua siap dan matang. Bisa ditata dipiring ya. Dimulai dari potongan ketupat, diberi menu utama kuah dan isian, lalu ditaburi serbuk jagung, diberi urapan diatasnya. Dan rebusan kacang panjang. Mmm.. So Nyummy..
Selamat mencoba, atau kalau tidak sempat bolehlah lebaran berkunjung.. Janjian dulu yah😁

Artikel ini dibuat dengan motivasi arisan blog pertama kami yang diambil dari tema yang sudah ditentukan oleh mbak ike teman blogger saya😍

Salam Nyummy,

Dewi Adikara.

Kopi 7 Elemen dapat menjadi alternatif untuk menangani susah tidur dan lelah

Pernah mendengar Kopi 7 elemen?

Satu jam sebelum menulis ini saya tidak mengenalnya. Apalagi saya bukan penikmat kopi. Tapi begitu meminum kopi ini rasanya badan jadi hangat dan berkeringat. Pada akhirnya saya merasa rileks dan tubuh yang lelah menjadi lebih ringan.

Continue reading “Kopi 7 Elemen dapat menjadi alternatif untuk menangani susah tidur dan lelah”

Lebih bijak bila memilih Susu Formula berdasarkan komposisi dan tahun

Harap lebih berhati-hati bila membeli Susu Formula komposisi 900gr.
Telah terbongkar penipuan Susu Formula yang tertulis di kemasan dalam rentang Angka disertai tahun. Seperti:

Susu Formula merk “x” 1-3 tahun

Susu Formula merk “x” 3-5 tahun

Susu Formula merk “x” 5-7 tahun

dsb.

Dan lebih parahnya lagi Minimarket yang sudah menjamur di setiap daerah di Indonesia ini diduga juga bekerjasama terhadap aksi penipuan ini.

Continue reading “Lebih bijak bila memilih Susu Formula berdasarkan komposisi dan tahun”

Wanita mandiri, Yay or Nay : 6 Tips Wanita Karir dalam mengasuh anak

Sahabat wanita.. Apakah setiap wanita ingin menjadi Mandiri? Banyak topik memberikan saran atau pengetahuan mengenai menjadi Wanita mandiri. Mungkin diantara kalian ada yang belum mengikuti topik tersebut, berikut salah satu artikel kolaborasi dari mbak Swastikha yang mengulas mengenai “Wanita terlalu mandiri, yay atau nay?” Beliau adalah seniorku di dunia blogging dan perkuliahan:-)

Lalu apakah wanita mandiri selalu wanita yang berkarir? Continue reading “Wanita mandiri, Yay or Nay : 6 Tips Wanita Karir dalam mengasuh anak”

Menjadi Ibu itu bukan setelah melahirkan seorang anak

Menjadi seorang ibu itu bukan perkara punya anak terus tiba-tiba menjadi ibu. Tapi menjadi seorang ibu itu, melalui banyak proses. Itulah kenapa banyak yang mengagungkan ibu. Bahkan sampai di Agama pun dikatakan no.1 Ibu, no.2 Ibu, no.3 Ibu. 

Sadarkah kau mengapa bisa demikian? Apa hanya dikarenakan susahnya melahirkan, mempertaruhkan Nyawa? Tidak hanya itu kawan.

Meskipun banyak orang berkata calon dedek bayi, tapi apa ibu yang sedang mengandung dikatakan calon ibu?

Bagi saya, disaat ibu mengandung. Ia telah menjadi seorang ibu. 

Semua orang tau mengandung itu adalah proses yang berlangsung selama kurang lebih 9 bulan. Dan semua orang tahu orang hamil itu sering mual di trimester pertama bahkan sampai melahirkan. Semua orang tahu bahwa mengandung itu membuat badan membengkak dimana-mana. Tapi, tidak semua orang tahu bagaimana rasanya. 

Disaat ia mengandung, berbagai perubahan bentuk tubuh dialaminya. Mereka harus merasakan segala perubahan yang ada didirinya, secara psikis mungkin bisa terlihat misalnya beberapa dari mereka ada menjadi lebih berjerawat, ada yang menjadi lebih gemuk, merasa ngilu dipersendian, ditulang belakang, di kaki, disekujur tubuh, dan lain-lain. Namun siapa sangka secara psikis perubahan juga banyak terjadi. 

Bagaimana tidak, rasa mengandung itu tidak seenak hamya membawa bantal diperut, tapi semua tubuh ikut merasakan perubahannya bahkan emosi. 

Dan perubahan emosi yang terjadi tersebut disepanjang usia 9 bulan kehamilan adalah “TiDaKLaH SaMa”. Dari rasa lebih sensitif, rasa cemas, rasa bahagia, rasa takut, pesimis, terjadi lebih besar dibandingkan wanita yang sensitif namun tidak mengandung.

https://static.pexels.com/photos/3732/woman-child-doctor-hospital.jpg

Naluri sebagai seorang ibupun sudah muncul disini, misalkan apapun yang dilakukannya seringkali melindungi bagian perutnya. Sering menyayang-nyayang perutnya. Menyanyikan lagu, membacakan Doa, memberikan lagu klasik untuk perkembangan otak pada janin dalam kandungannya.

Tak jarang ada pula wanita hamil itu menjadi lebih seksi, karena ia memiliki aura yang berbeda walaupun perut mereka buncit. Aura sebagai calon seorang ibu, yang benar-benar menjaga kehamilannya, menjaga anak dalam kandungannya. Aura keikhlasan dalam merawat calon anaknya yang bahkan belum terlihat wujudnya dimuka bumi ini.

Jadi apa sekarang ada yang bisa berkata menjadi ibu itu setelah melahirkan seorang anak?

IBU adalah seseorang yang mencintai dirimu yang belum berbentuk, untuk pertama kalinya.

Salam hangat pembaca setiaku. Semoga hari-harimu semakin bahagia:-)

Pelatihan dan Sertifikasi Praktisi Akupresur Surabaya 2017

Diinformasikan bhw LKP ASS bekerja sama dg Pengurus  Pusat AAKSI (Asosiasi Akupresur Seluruh Indonesia ) membuka dan memberi kesempatan kpd praktisi akupunkturis untuk mengikuti Sertifikasi/Standarisasi praktisi Akupresur yg akn dilaks pd hr Ahad tgl. 12 Pebruari’17 jam 08.00 – 17.00 di Museum kesehatan Jl. Indrapura 17 Surabaya.
Syarat pendaftaran :

1. Praktisi akupunkturis

2. Praktisi akupresur yg belum memiliki STPT

3. Kontribusi rp. 500.000,- + rp. 150.000,- = rp. 650.000,-

Rincian biaya :

a. Biaya sertifikasi rp.500.000,-

 b. Iuaran anggota rp.10.000,- per bulan selama 1 tahun = rp.120.000,-

c. Biaya Rekomendasi organisasi rp. 30.000,-

4. Membawa pas photo bewarna ukuran 3 × 4 cm, 2 lbr dan ukuran 4 × 6 cm 3 lbr background warna merah.

5. Membayar DP rp. 200.000,-

6. Mendaftar ulang pd tgl.12 Pebruari’17 jam 07.00,- di lokasi kegiatan.
Mendapat fasilitas:

1. Diktat materi

2. Makan siang

3. Sneck 2×

4. Sertifikat

5. KTA anggota AAKSI

6. Rekomendasi untuk mengurus STPT.
Pemateri:

1. Prof. DR. RTS. Adikara

2. dr. Rasmono (Ketua PP. AAKSI)

3. Dinkes Kota Surabaya dan B. Sugito. SKM .MKes
Pendaftaran ditutup pd tgl. 10 Pebruari’17.
Pembayaran ditransfer melalui rekening,

BCA no. 1302196316 an. Lemb Pend. Alam Sehat Sejahtera.

BRI no. 0875 01015654536 an. Yayuk Purwaningsih.

Monggo sgr mendaftar, bisa hubungi WA 08787 6144345 bu Dewi.

Berikut daftar nama yg sudah masuk.

1. Yuli

2. Tantri

3.  Anita

4. Nana

5.Amir

6. Subianto

7. Atang

8. Jeffrey

9. Bambang Utomo

10. Sri

11. Agustine

12. Suhaendro

13. Candra Wicahya

14. Anita ratna

15. Winarto

16. Metta Dewi Widjojo

17. Irawan Halim

18. Achwan syahril

19. Evie srimulyani

20. Bambang Suryanto

21. Abul khoir

22. Eddy Haryanto

23. Andi Zulkafril

24. Windu

25. Arif maulana

26……………………

27………………….

28………………….

Dst….

Picture Giveaway Globalfire. Maapkan aku WordPress, Selamat datang 2017!

Pada akhirnya aku torehkan tulisan kembali disini, maapkan aku telah lama meninggalkanmu.. Kena urusan domestic dan liburan panjang.

Terimakasih para pembaca setiaku, yang baru hadir disini juga, terimakasih sudah support untuk bertemu aku ditulisan ini. InsyaAllah ga akan sia-sia kok, karena kali ini saya akan berbagi informasi. 

Tahun berganti menjadi 2017, tapi dilingkungan sekitarku tidak seramai tahun-tahun sebelumnya. Entah kenapa, mungkin banyak kondisi yang masih membuat kebanyakan orang menjadi prihatin ya, teman-teman bisa ricek berita-berita sendiri ya diakhir tahun 2016. Tapi tetap kita secara pribadi harus punya semangat terus ya, pantang menyerah menjalani hidup ini. Dengan semangat baru, mempelajari cara berpikir dan perilaku kita yang mungkin sebelumnya masih kurang. Diperbaiki lagi lalu dikembangkan menjadi semakin baik. 

Oya, saya punya informasi menarik. Ada GiVeaWaY dari akun bisnisku Instagram @globalfire_indonesia 

Silahkan unduh gambar berikut untuk bisa di caption ulang persis foto ini, atau bagi anda yang tidak mau sama, mau berkreasi boleh modifikasi foto ini tanpa menghilangkan bentuk Apar dan merk Globalfire.

Coba ikutan deh, karena disitu disediakan 10 voucher sebagai hadiah untuk keselamatan diri, harta benda bahkan Nyawa kita dan keluarga. Kita tidak boleh lalai dari percikan api kecil, yang bisa muncul dimana saja. Di dapur, di kendaraan pribadi, di stand bisnis kita, di Ruko, di Pabrik. Karena kalau percikan itu jadi besar akan melahap semua milik kita.. hiks sedih.. jangan sampai ya. 

Yuk ikut ikut ikut.. mumpung bisa beli dengan harga murahnya murah. Yang belum beruntung tapi ikut berpartisipasi juga dapat hadih looo…

Semoga ditahun 2017 hidup kita semakin sejahtera, semakin bahagia dengan keluarga, kerabat. Semoga kasus-kasus di media semakin berkurang. Semoga Indonesia semakin Makmur dan Damai. Semoga semangat kita makin membara:-)

Salam hangat, 

Dewi Adikara.

Rumah tangga dan Pizza, pizza..

Kalau mau menu yang mudah dan ga ribet, kalian ga salah masuk kamar.. disinilah tempatnya. Saya punya dua anak kecil, ga punya asisten, tinggal udah mandiri bersama suami, semua dikerjakan berdua, pak suami sama saya jadi pengusaha, ya juga jadi pengurus rumah tangga. Tapi kalau urusan perut kita berdua ga bisa ngalah, yang saya doyan makan karena masih menyusui. Yang suami memang doyan makan daridulu. Jadi manjain lidah ga ada habisnya untuk beralasan. Continue reading “Rumah tangga dan Pizza, pizza..”