7 Perlengkapan Travelling Anak Balita

Sudah memasuki liburan sekolah, tinggal menunggu waktu cuti kerja Ayah dan Bunda. Mau pergi kemana akhir tahun ini?

Kemanapun perginya, semoga teman-teman bisa menikmati liburan tahun ini dengan keluarga tercinta ya. Berlibur kemanapun pasti kita siapkan Baju dan perlengkapan mandi. Namun, hal penting yang terkadang disepelekan ini perlu kita catet.

Percaya tidak bahwa saya sekeluarga kecil suka banget Travelling dari dulu, padahal anak-anak masih dibawah umur 3 tahun semua. Saya libur dari dunia Travelling hanya disaat kehamilan memasuki 8 bulan, lalu melahirkan, sampai dengan usia anak telah menginjak 4 bulan. Tapi selain perlengkapan, faktor kesigapan dan cek kontrol rutin ke dokter anak sangat penting loh membawa anak untuk Travelling.

 Ah kembali lagi, perlengkapan wajib untuk anak selama Travelling. Berikut 7 diantaranya, jangan sampai tertinggal ya๐Ÿ˜Š:

  1. Obat pertolongan pertama, kalau bawa anak kecil perhatian harus lebih ekstra mengawasi si anak agar mereka Aman dalam bereksplorasi dilingkungan barunya. Obat pertolongan pertama ini perlu dibawa karena sifatnya kita harus siap menghadapi adaptasi fisioligis dan perilaku anak-anak. Bisa jadi diperjalanan mereka mual, mabuk kendaraan, atau perut kembung karena nahan kencing atau bab, maka minyak putih / minyak Telon bisa jadi solusi meringankan masalah tersebut. Bisa juga memilih minyak yg mengandung anti nyamuk yang bisa berguna untuk melindungi kulit anak dari nyamuk. Selain itu obat yang bisa menangani bila anak terluka seperti obat merah / Betadine / minyak tawon,dsb.
  2. Minuman, sangat penting bagi anak. Kita perlu menyiapkan air putih dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya, pada perjalanan kita seringkali merasa haus karena kondisi udara diluar yang terik, atau karena kita lebih banyak bersenda gurau dan berbicara sepanjang perjalanan. Selain itu minuman lainnya adalah susu anak.
  3. Makanan, seringkali kita menyepelekan tidak membawa jajan, atau bekal karena dijalan bisa banyak kita temui warung, depot, atau restoran. Namun, bila dengan anak-anak tentu kita harus lebih memilih tempat makan yang terjamin secara kebersihannya. Menu makanan yang ditawarkan juga perlu dengan selera anak kita. Dan pada kondisi macet atau berada di tol terkadang kita jadi kesulitan mencari pilihan makanan buat anak kita.
  4. Pampers dan Tisu Basah. ((Siapa yang anaknya masih pakai Pampers?)) Dibawah 4 tahun ya, bawa Pampers kemana-mana๐Ÿ˜‚ jangan lupa tisu basahnya ya, bila sewaktu-waktu anak kita bab padahal kita terjebak macet? Nah loh.. masak anak dibiarkan lama dengan bab di Pampers nya? Kasian Dong. Maka tisu basah menjadi solusinya ๐Ÿ˜
  5. Baju ganti dan handuk kecil, namanya anak-anak, belum nyampe tujuan bisa saja bajunya ketimpangan es krim/susu kotak/makanan yang kita beli di minimarket. Maka handuk kecil buat seka, bisa jadi penyelamat nih. Atau misal anak tiba-tiba muntah, atau mengompol. Baju ganti si anak jadi makin penting nih. Catet ya, Catet.
  6. Mainan Kesayangan, anak mulai bosan diperjalanan, atau di tempat kita rekreasi maka ((ALARM)) dari itu biasanya anak mulai rewel, menangis, atau dia membuat keusilan pada lingkungannya. Mainan Kesayangam bisa jadi obat untuk meredakannya.
  7. Bantal, siapa yang ingin berbaring kalau sudah lama duduk. Seorang anak juga butuh merebahkan tubuhnya disaat perjalanan anda belum sampai pada tujuan. Hal ini dapat meminimalisir anak merasa capek, yang berujung sakit karena terlalu lama dalam perjalanan Travelling.

Terkadang kita menyepelekan hal-hal diatas, karena diberbagai tempat kita sudah bisa dengan mudah menemukan apotik, atau mini market berwarna biru atau merah. Tapi tetap kita perlu mewaspadai karena bisa jadi dijalan kita menemui kondisi yang tidak terprediksi, misalkan macet berkepanjangan, anak rewel, anak mual, anak lapar atau haus, padahal disaat itu mereka membutuhkan penanganan tersebut dengan segera.

Dengan menyiapkan hal-hal tersebut diatas, insyaAllah Travelling tetap menyenangkan, bagi Ayah, Ibu dan anak. Ada juga loh tips penting dari mbak Tata yaitu 5 hal yang harus diperhatikan saat liburan bersama balita

Jadi, Bagaimana perlengkapanmu? Apa sudah siap?๐Ÿ˜€

Selamat berlibur..

 

Salam,

Dewi Adikara

 
Sumber foto: http://www.pixabay.com

Advertisements

6 thoughts on “7 Perlengkapan Travelling Anak Balita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s