Ketika semua orang bergerak ke dunia maya, bahkan menjadi suatu profesi, lalu kau dimana?

Apa kira-kira jawaban yang melintas? Berani menjawab tanpa kawatir disinggung oranglain?

Tulisan ini tidak penting bagi orang-orang yang memperbolehkan anaknya /pasangannya memegang gadget seharian. Jadi kalau anda termasuk orang tersebut, sebaiknya tidak perlu melanjutkan membaca.

Ketika semua mampu membeli gadget, ketika paket internet beredar dan mampu digunakan semua kalangan, ketika media sosial menjadi hal utama dalam pertemanan, seiring berjalannya waktu solidaritas sosial terbangun dari dunia maya.

Hati-hati!!

Kedekatan emosional dengan orang-orang yang ada di dekat anda bisa jadi berkurang.

Waktu bersama yang biasa disebut dengan Quality time, menjadi berkurang jika seseorang tidak bisa mengatur waktunya untuk lepas dari dunia maya. Karena kenyataannya yang nampak dari seseorang itu adalah diam dan memegang Gadget, walaupun itu suatu hobi atau pekerjaan.

sumber: disini

Memegang benda elektronik baik dalam bentuk HP, iPhone, iPad, laptop sudah menjadi makanan sehari-hari bagi mayoritas orang saat ini. Tidak hanya satu-dua kali memegang gadget, tidak hanya 5-10 menit, namun bisa dipegang selama berjam-jam. Lalu bagaimana pekerjaan sehari-hari Anda. Bagaimana hubungan anda dengan orang-orang disekitar anda? Mana yang akan menjadi prioritas yang secara fisik terlihat secara kasat mata atau pekerjaan yang membutuhkan gadget anda? 

Terlalu lama memegang gadget tidak baik secara fisik dan psikis. Secara fisik, bisa menimbulkan gangguan pada jari terlalu sering mengetik, atau mata yang terlalu lama dalam jarak dekat. Juga pada kesehatan badan yang terlalu lama diam duduk atau berdiri. Secara psikis, menjadi addictive bahkan bisa terkucil secara social, karena kurang berinteraksi secara langsung dengan orang-orang disekitarnya.

sumber: dari sini

sumber : klik disini

Terlalu sibuk dengan rutinitas sehari-hari tanpa update pada gadget juga bisa jadi ketinggalan jaman. Karena tidak dipungkiri saat ini dunia maya hampir mengalahkan kabar dan berita dari tayangan televisi.

sumber : klik

Jadi, saya akan berbagi tips agar kalian bisa tentukan apa yang akan menjadi prinsip.

1. Tentukan Peranmu saat ini.

Sekarang sangat kau perlu sadari peran apa yang sedang kau sandang. Pasti punya peran utama kan? Misal sebagai suami/istri dari pasanganmu, sebagai orangtua dari anak-anakmu, sebagai anak dari orangtuamu. Catat apa yang menjadi hal penting menurut peranmu. Misalnya sebagai berikut :

dengan menentukan dan menyadari peranmu, maka arah selanjutnya akan semakin jelas. Tidak sedikit orang yang lupa akan peran dan kewajibannya. Mendaftar demikian cukup bisa menyadarkan apa yang harus kita lakukan.

2. Tentukan jadwal.

Selanjutnya dengan peran utama yang kau jalani, lihatlah waktu dalam 24 jam kau berada dimana. Jika kau didunia karir, maka pergunakanlah gadget untuk mendukungmu dalam berkarier. Misalnya untuk memperkaya ilmu yang kau jalani dengan melihat link atau tontonan terkait seputar pekerjaanmu.

Hal ini berfungsi agar kinerjamu semakin meningkat dan kompeten. Jangan sampai gadgetmu menjadi malapetaka bagi karirmu, misal gara-gara keasikan main medsos tugas yang harusnya jadi deadline hari ini jadi terlupakan. Atau gara-gara lagi nonton youtube pasienmu menjadi jenuh menunggumu didepan pintu praktekmu. Atau gara-gara menulis artikel kau jadi lupa dengan janji sang klien di tempat kerjanya.

Bila kau tidak disibukkan dengan jam karir maka kau harus benar-benar mengatur waktumu untuk memegang gadget. Jangan sampai disaat kau lalai dalam peranmu gara-gara asik didunia maya. Misal anak waktunya makan, kau sedang menulis, padahal perkembangan anak dan bonding disaat itu penting. Mengajarkan anak dalam mengenal makanan atau bermain sangat penting bagi perkembangan anak. Disaat anak perlu perhatianmu dengan berkomunikasi langsung sedangkan kau asik dengan update status yang panjang kali lebar, sama saja kayak ninggalin anak terus ngerumpi diluar dong. Ada raga tapi jiwanya di gadget. Hal ini perlu sekali ditelaah karena sekarang banyak yang dibilang anak tidak boleh berlama-lama pegang gadget nah padahal orangtuanya sendiri begitu.

Buat waktu yang bisa membuatmu fokus pada kegiatan bersama dengan keluarga. Dan juga tentukan waktu memegang gadget agar waktu berkumpul dengan keluargamu menjadi lebih berkualitas.

Misalnya disaat anak-anak tidur, disaat tidak ada rutinitas yang harus berdampingan dengan anak/pasangan, atau bisa disaat malam hari menjelang tidur. Ada saatnya nanti dalam kondisi urgent untuk memegang gadgetmu,  maka komunikasikan dengan pasangan/anak. Dengan demikian kau tidak akan terlalu sering meninggalkan mereka dengan gadget.

Karena tak jarang. Dunia maya ini menjadi profesimu, kata ngetopnya adalah berbisnis online atau sebagai penulis, atau blogger. 

Menentukan Quality time tidak hanya hal yang utama, tetapi juga penting diperhatikan untuk menjaga keharmonisan keluarga, dan dapat membantu perkembangan psikologis dari anak-anak kita.

bermain permainan fisik untuk perkembangan motorik dan kognitif

Jadi apakah sekarang kau bisa menjawab dengan lantang kau dimana?
Salam untuk para sahabat di dunia mayaku, semoga keseharianmu penuh warna dan menyenangkan dengan orang-orang disekitarmu.
by Dewi.

Advertisements

4 thoughts on “Ketika semua orang bergerak ke dunia maya, bahkan menjadi suatu profesi, lalu kau dimana?

  1. Iya nih bener banget, jangan sampe adanya gadget mendekatkan yg jauh tapi malah menjauhkan yang dekat. Apalagi klo udah niat jadi blogger gini, beneran kudu disiplin ama jadwal. Biar tetep bisa nemenin anak maen 😄

    Like

    1. iya mbak ayu, karena skrg jaman sdh banyak berubah, kita juga secara ga langsung ya tedlrjun didalamnya, jadi PR untuk generasi ibu muda utk membentuk keluarga tetap harmonis:-) ntar berbagi informasi sama sanh suami juga kaitannya besadin dan mendidik anak.. teorinya mereka ga boleh lama2 tapi kitanya lama:-)

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s